Ikan Haruan / Gabus

Ikan Haruan /Ikan Gabus adalah sejenis ikan air tawar jenis karnivora. Ia merupakan spesies asli hutan tropis. hidup dalam air tawar dan payau dan biasa didapati di negara-negara  Asia Tenggara. Kalau di Jawa dikenal dengan sebutan Kutuk/Gabus, orang Betawi menyebutnya Kocolan, tetangga kita Malaysia mengenalnya dengan nama aruan atau haruan. Sedangkan tetangga jauh kita yaitu Inggris, memanggil ikan Haruan ini dengan berbagai nama, seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Channa striata.Bentuk yang besar disebut Ikan Toman (Channa melanostoma) dan yang kecil ikan haruan (Channa striatus).

Dinamakan Snake head, mungkin karena kepala ikan Haruan berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Biasanya dijumpai di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan Haruan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.

Di Kalimantan Selatan, ikan Haruan ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Biasanya ikan ini diasinkan terlebih dahulu sebelum diperdagangkan antar pulau. Haruan asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Bahkan ikan ini menjadi “pendamping wajib” masakan ketupat Kandangan. Bukan ketupat Kandangan namanya, kalau lauknya tidak menggunakan ikan Haruan. Belum lagi masakan “Haruan Masak Habang”. masakan tradisional paling populer di Banjarmasin, yaitu ikan Haruan yang dimasak dengan cabe merah – mirip bumbu bali pada masakan Jawa Timur-an.

Dalam dunia kesehatan, Ikan Haruan/ Gabus terbukti mengandung protein yang tinggi (Albumin).

Albumin adalah salah satu jenis protein darah yang diproduksi di hati (hepar). Saat Hati normal mampu memproduksi 11-15 gr Albumin/ hari. Bahkan ia merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60 persen.Sedangkan nilai normal dalam darah sekitar 3.5 sampai 5 g/dL.

Albumin merupakan jenis Protein terbanyak dalam plasma mencapai kadar 60%. Manfaatnya untuk membantu jaringan sel baru. Dalam ilmu kedokteran, albumin ini digunakan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah / rusak. Albumin juga berperan mengikat Obat-obatan serta Logam berat yang tidak mudah larut dalam darah.

Albumin memiliki sejumlah fungsi. Fungsi pertama yakni mengatur tekanan osmotik di dalam darah. Albumin menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga bisa mempertahanan volume darah. Bila jumlah albumin turun maka akan terjadi penimbunan cairan dalam jaringan (edema) misalnya bengkak di kedua kaki. Atau bisa terjadi penimbunan cairan dalam rongga tubuh misalnya di perut yang disebut ascites.

Fungsi yang kedua adalah sebagai sarana pengangkut/transportasi. Ia membawa bahan – bahan yang yang kurang larut dalam air melewati plasma darah dan cairan sel. Bahan-bahan itu seperti asam lemak bebas, kalsium, zat besi dan beberapa obat. Albumin bermanfaat juga dalam pembentukan jaringan tubuh yang baru.

Pembentukan jaringan tubuh yang baru dibutuhkan pada saat pertumbuhan (bayi, kanak-kanak, remaja dan ibu hamil) dan mempercepat penyembuhan jaringan tubuh misalnya sesudah operasi, luka bakar dan saat sakit.

Begitu banyaknya manfaat albumin sehingga dapat dibayangkan apabila mengalami kekurangan maka banyak organ tubuh yang sakit.

KHASIAT & KEGUNAAN :

– Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
– Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi dan Ibu-ibu habis melahirkan
– Mempercepat penyembuhan Luka Dalam / Luka Luar.
– Membantu proses penyembuhan pada penyakit: Hepatitis, TBC/Infeksi Paru,
– Nephrotic Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP,
– HIV, Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.
– Menghilangkan Oedem (Pembengkakan).
– Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.
– Membantu penyembuhan Autis.
– Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating

2 pemikiran pada “Ikan Haruan / Gabus

  1. ikan gabus banyak manfaatnya. kunjungan balik pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s