Tips Menghadapi Ulangan Semester

Sebentar lagi ulangan semester ganjil akan tiba.Untuk itu bagi para siswa perlu beberapa tips dalam menghangdapi ujian akhir semester.

Berikut ini ada beberapa tips dalam belajar menghadapi ujian semester :

1.Ikut dalam bimbingan belajar atau les.Dalam kasus ini ada beberapa anak yang susah disuruh belajar dirumah,ini adalah pilihan yang tepat untuk mereka.

2.Belajar kelompok.Dengan belajar kelompok akan menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan karena suasananya lebih santai , sebaiknya dalam belajar kelompok ini ada anak yang pintar yang gabung sehingga anak yang tidak pandai ketularan pintarnya.Lebih baik lagi tetap ada yang mengawasi sehingga suasana belajar tidak berubah menjadi arena bermain.

3.Sering membuat summary atau rangkuman untuk setiap mata pelajaran.

Cara ini akan memudahkan para siswa dalam belajar karena dengan merangkum pelajaran akan lebih memudahkan untuk mereview pelajaran yang diterima di sekolah ataupun yang diajarkan oleh guru di kelas.

4.Disisplin dalam belajar

Disipin dalam belajar  bisa dalam bentuk belajar tepat waktun sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.Dalam hal ini bisa diambil contoh apabila waktunya belajar maka harus belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak bermain dan dengan konsentrasi yang penuh.

5.Aktif dalam bertanya dan ditanya

Biasakan untuk selalu bertanya jika ada pelajaran yang kurang dimengerti baik dikelas ,ataupun di rumah.Dengan cara ini maka akan membantu menjawab pertnyaan yang kurang di mengerti.Biasakan pula untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru ataupun teman karena dengan banyak menjawab pertanyaan akan membantu kita untuk menghapal pelajaran secara tidak langsung.

Semoga dengan tips ini bisa bermanfaat dan membantu para siswa dalam menghadapi ulangan umum semester.

Sukses selalu.

2 pemikiran pada “Tips Menghadapi Ulangan Semester

  1. Wah jadi kangen banjarmasin nich… 2tahun sudah saya tinggalkan banjarmasin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s